Seruling Dewata

Home

Sejarah

Sesepuh

Profile

Tapak Suci

Cakra dan Kundalini

Kanda Pat

Yoga Watukaru

72 Jurus Inti

Buku - buku Perguruan

 
"Tiada benda tiada kesalahan, tiada keakuan mencapai kebahagian dan kelepasan "

Kundalini Sakti

Kudalini merupakan kekuatan yang amat hebat yang berada dalam tubuh manusia. ia sering disebut sebagai Dewi Ular karena bentuknya yang bergulung saat tidur dan kenaikanya yang tidak secara lurus. secara waskita Kundalini terlihat sebagai cadangan energi yang amat dahsyat yang berada di perineum dalam bentuk gulungan tiga setengah lingkaran, gulungan gulungan ini diyakini sebagai cadangan spiritual yang akan menuntun manusia mencapai pencerahan.Kundalini merupakan energi murni atau kesadaran murni yang akan menuntun manusia mendapatkan pencerahan tersebut. Kundalini berasal dari bahasa samsekerta dar akar kata " Kundal " yang berarti Coil atau gulungan , ketika bangkit Kundalini akan melakukan pembersihan secara menyeluruh terhadap tubuh pisik dan juga tubuh eterik yaitu nadi-nadi dan cakra-cakra. proses pembersihan ini dapat berlangsung lama namun ada juga yang berlangsung sangat cepat, hal itu tergantung dari tingkat kesehatan dan kesucian seseorang.semakin sehat dan suci orang tersebut, maka semakin cepatlah proses pembersihan yang dilakukan Kundalini dalam menuju Cakra Sahasra . dalam proses pembersihan ini, kundalini akan mencari jalan untuk mencapai Cakra Sahasra yang dikenal dengan istilah bersatunya Shakti dengan Siwa yang menghasilkan keadaan semadhi. dalam meliwati cakra -cakra utama inilah maka akan terjadi pembersihan secara menyeluruh terhadap cakra-cakra tersebut . sehingga segala potensi cakra cakra dapat dipergunakan. Cakra Muladara sangat penting dibersihkan , dibuka dan diaktifkan karena didalamnya bersembunyi kekuatan api suci yang dinamakan Kundalini, berbentuk seperti Ular Api yang melingkari lingga gaib dalam cakra Muladara dalam 3 1/2 lingkaran ( Pustaka Paiketan Paguron Suling Dewata ) . secara waskita Kundalini terlihat sebagai cadangan energi yang amat dahsyat ayng berada di perinium dalam bentuk gulungan 3 1/2 lingkaran. gulungan gulungan ini diyakini sebagai cadangan energi spiritual yang akan menuntun manusia mencapai pencerahan. ( di sadur dari Buku Pra Kundalini , Ki Nantra )

Mampaat mempelajari Kundalini :

orang yang dapat menguasai kundalini secara sempurna akan memperoleh kekuatan batin , kekuatan kekuatan bathin ini kadang sering tidak bisa dipercaya dan sulit untuk diterima dengan akal sehat seperti misalnya ia mampu mengecilkan tubuhnya ( Anima ), ia mampu membesarkan tubuhnya ( Mahima ), ia mampu membuat tubuhnya ringan ( Laghima ), ia mampu membuat tubuhnya berat ( Garima ) , ia dapat mencapai apapun yang diinginkannya, ia memiliki mata bathin , telinga bathin, dan dapat mengirim dan menerima pikiran ke dan dari orang lain, dapat membaca pikiran mahluk lain ( Prapti ) . ia dapat tinggal di air selama yang dia inginkan ( Prakamya ) , 7) Vasitwam., ia dapat menaklukan napsu dan perasaan serta dapat mengontrol semua elemen alam ( Vasitwam ) dan ia juga memiliki kemampuan Isthatvam..

Efek samping mempelajari Kundalini.

Kundalini adalah sebuah kekuatan yang maha besar dan sangat dahsyat. jadi jangan pernah bermain main dengan kekuatan ini, dengan hanya melalui bimbingan dari seorang guru sejati anda boleh mempelajarinya. adalah sangat tidak bijaksana berpikiran bahwa anda adalah perkecualian untuk bahaya tersebut hanya karena mengira diri kita sudah siap. ketika Kundalini bangkin akan mulai melakukan pembersihan baik itu Cakra, Nadhis, otot, tulang, organ dalam tubuh dan lain sebagainya. kebangkitan Kundalini sebelum waktunya dapat memberikan bahaya yang sangat besar terhadap tubuh fisik maupun lapisan tubuh halus, yang dikenall dengan istilah sindrom Kundalini. sindrom dalam pengertian kamus adalah gejala yang menandakan suatu penyakit , kekacauan psikologis, atau kondisi tidak normal lainnya. sindrom dapat juga diartikan efek negatif yang ditimbulkan dari suatu kegiatan. berikut adalah efek yang ditimbulkan oleh kebangkitan Kundalini sebelum waktunya : 1) Energi Kundalini. kundalini yang seharusnya mengalir ke atas berbalik mengalir ke bawah sehingga merangsang bekerjanya nafsu nafsu rendah. orang tersebut dapat menjadi menawa denawa ( manusia setengah raksasa / jahat , manusia setengah binatang, yang akan membuatnya tergelincir ke lembah kenistaan dan diperlukan sekian kali reinkarnasi untuk dapat membebaskan diri dari keterikatan akan kesengsaraan ini .2) Bahkan dalam kondisi tertentu , seseorang akan nampak seperti orang gila. ia akan berteriak teriak merasakan sesuatu yang tidak wajar yang terjadi dalam dirinya seperti kepanasan, menggigil, dan lain sebagainya. 3) yang paling menakutkan adalah ia menjadi gila . hal yang mungkin saja terjadi dimana dia tidak siap dengan pembersihan yang dilakukan oleh Kundalini sehingga saat ia mulai mengenal dunia gaib, dan segala keanehannya ia menjadi ketakutan dan hidupnya benar benar tidak nyaman.

Persiapan Persiapan Pembangkitan Kundalini

agar terhindar dari masalah masalah yang ditimbulkan akibat dari pembangkitan Kundalini sebelum waktunya, maka perlu dilakukan persiapan persiapan yang sekiranya dapat mengurangi bahkan meniadakan apa yang disebut sindrom Kundalini. 1) Persiapan Fisik, untuk pesiapan fisik dapat dengan melakukan olah raga secara teratur, melakukan yoga asanas, atau melakukan yogacara seperti Surya Namaskara, Chandra Namaskara. tradisi pertapaan Candra Parwata memiliki banyak bentuk yogacara untuk menguatkan tubuh fisik. salah satu diantaranya adalah Tapak Suci Yoga Cara Bumi Sastra. kegiatan olah fisik ini akan mengeluarkan energi energi negatif dan menggantinya dengan energi energi yang positif. inti dari kegiatan fisik ini adalah berusaha menggerakan seluruh anggota badan secara seimbang. 2 ) Persiapan Mental, diperlukan pengetahuan yang memadai agar kita memiliki kesiapan mental dan emosional dalam menghadapi energi pembersihan ini .hal ini dapat dilakukan dengan banyak membaca buku buku Kundalii dan buku buku yang terkait dengannya, berkomunikasi dengan teman teman yang pernah mengalami kebangkitan Kundalini, mohon bimbingan dari guru sejati. dengan pemahaman yang memadai tentang Kundalini, diharapkan secara mental dan emosional kita siap. 3) Persiapan Spriritual, Persiapan spiritual adalah sesuatu yang amat sangat penting. hal ini dapat dilakukan dengan banyak cara. dan beberapa cara tersebut adalah sebagai berikut : 1) Berdoa secara teratur, mohonlah tuntunan dan penerangan dari tuhan yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing masing . Pancaran kesucian dari Beliau akan membersihkan seluruh lapisan tubuh kita sehingga proses kebangkitan kundalini dapat berjalan dengan baik. . 2) Tirtayatra, tirtayatra merupakan perjalan suci dengan cara mengunjungi tempat tepat suci untuk menyerap prana kahyangan yang dapat membersihkan seluruh lapisan tubuh kita serta memberikan keuatan lahir dan bathin 3) Mandi dengan air garam , mandi dengan air kembang, mandi di sumber mata air. 4) Membersihkan Nadhis, 5 ) Membersihkan Cakra, 6 ) Makanan, sebenarnya kita semua diharapkan untuk mulai menjalani pola hidup Vegetarian, apalagi yang ingin menekuni dunia spiritual . makanan vegetarian dapat mengembangkan rasa cinta kasih terhadap semua mahluk ciptaan Tuhan yang otomatis akan berpengaruh pada bersihnya lapisan lapisan tubuh kita.

Cara membangkitkan Kundalini

ada banyak cara untuk membangkitkan Kundalini . namun secara garis besarnya ,metode pembangkitan ini dapat dibedakan menjadi 3 ( tiga ) macam cara , yaitu :

1. Samadhi Swara Sadhana Om tujuh Tahapan, samadhi pembangkitan kundalini ini dilakukan dengan menggetarkan suara Om di masing masing Cakra. Teknik ini bagus sekali bagi mereka yang kesulitan dalam menghapalkan mantra mantra yang panjang.

2. Samadhi Swara Gayatri Sadhana , Samadhi pembangkitan kundalini ini dilakukan dengan menggetarkan suara Gayatri di masing masing Cakra , adapun rinciannya sebagai berikut : a. Cakra Muladara : Om Bhur , b. Cakra Swadisthana : Om Bhuwah, c. Cakra Manipura : Om Swah , d. Cakra Anahata : Om Mahah, e. Cakra Visudha : Om Janah, f. Cakra Ajna : Om Tapah , g. Cakra Sahasra : Om Satyam.

3. Samadhi Raga Kundala, Samadhi Raga Kundala merupakan meditasi khusus yang dapat dipergunakan untuk membantu membangkitkan kundalini seseorang. Teknik ini oleh masyarakat umum dikenal dengan nama Saktifat yang berarti pemindahan energi dari seseorang Guru kepada Muridnya. Kami menyebut teknik ini dengan istilah Berkah Guru. Metode ini tidak mengenal apa yang disebut sindrom kundalini. Hali ini dapat dimengerti karena dilakukan dengan penuh kesadaran dan persiapan yang matang baik oleh Guru maupun muridnya.

Tahapan Tahapan membangkitkan Kundalini

ada beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk dapat membangkitkan Kundalini m yang antara lain :

1. Menyucikan diri, diperlukan proses penyucian diri lahir dan bathin secara terus menerus. hal ini dapat dilakukan dengan berbagai macam cara seperti pengelukatan , mengulang ulang " Nawa Sanga Astawa " yang merupakan mantram gaib yang sangat rahasia. dalam proses ini penyucian ini , seseorang akan mendapat anugrah kesucian dari sinar suci para Dewa yang dipujanya.

2. Keyakinan diri, telah melewati proses penyucian diri lahir dan bathin secara terus menerus maka pada diri orang tersebut akan muncul rasa percaya diri yang semakin lama semakin mantap.

3. Mengenal diri sendiri, mengenal jati diri atau mengenal diri sendiri mengandung pengertian bahwa seseorang mengetahui apa saja tentang dirinya termasuk letak Cakra Cakra yang ada pada dirinya. Pelajaran " Swara Sadanam Sapta Cakra "atau Samadhi getaran Suara Sapta Cakra yang terdapat dalam Tapak Suci Nawa Sanga merupakan pelajaran terbaik dan tepat dalam tahap ini.

4. Selalu dekat dengan Tuhan, Tahapan selanjutnya adalah terus menerus dan setiap saat merasa dekat dengan Brahman serta berserah diri sepenuhnya pada keagungan Beliau . melalui cara ini dengan sendirinya tiada lagi rintangan yang menjauhkan dirinya dari Sang Pencipta. Pada Tahapan ini harus membiasakan diri mengucapkan ....Om....delapan belas kali sebelum tidur dan ketika bangun tidur. juga mengucapkan ...Om....setiap kali akan melakukan sesuatu. inilah yang dinamakan " Om Awal dan Akhir Kehidupan Dalam Sehari .

5. Mambangkitkan Kundalini , setelah melalui empat tahapan diatas maka tahapan berikutnya adalah membangkitkan Kundalini dengan " Samadhi Swara Sadhanam Pembangkitan Kundalini " , secara terus menerus . usaha pembangkitan Kundalini tidak bisa dilakukan dalam satu atau dua kali tetapi puluhan , ratusan bahkan ribuan kali agar mencapai tahap kesempurnaan.

Berlatih Membangkitakan Kundalini Cara Pertama ,

berikut akan kami uraikan tentang semadhi pembangkitan Kundalini yang dinamakan Swara Sadhana Om Tujuh Tahapan atau Meditasi Swara Sadhana Om Danam .

inilah cara pertama Samadhi Pembangkitan Kundalini , cara ini dianjurkan bagi mereka yang mengalami kesulitan merapalkan . Samadhi Pembangkitan Kundalini ini dinamakan " Swara Sadhana Om Tujuh Tahapan ". mulailah dengan duduk bersila, kaki kanan diatas kaki kiri " Ardha Padma Sana " kedua tangan mekar , tapak diatas , tersusun didepan pusar dengan tapak tangan kanan lebih diatas. lemaskan seluruh anggota badan, pikiran terpusat hanya pada cakra cakra.

di mulai dengan memusatkan pikiran pada Cakra Muladara pada ujung tulang ekor . kerutkan lubang pantat dan sekitarnya sembilan kali agar Kundalini terbangun dari tidurnya . Kekuatan Suci Dewa Nawa Sangga membangunkannya. setelah Kundalini bangkin terbangun dari tidurnya, selanjutnya harus dikendalikan agar tidak menerobos keluar Cakra Muladara. di Cakra Muadara ada empat pintu gaib yang bisa ditembus oleh Kundalini. tutuplah pintu gaib itu dengan cara ; hirup napas , tahan, lalu keluarkan melalui mulut , sambil mengucapkan ...Om....ulangilah 4 ( empat kali ). lalu diam sesaat, biarkan Kundalini bekerja mengaktifkan Cakra ini.

Selanjutnya pusatkan pikiran pada Cakra Swadisthana di pangkal kemaluan , maka Kundalini Sakti akan bergerak naik keatas menuju ke Cakra Swadisthana mengikuti arah pemusatan pikiran. lalu bayangkan dan rasakan Kundalini Sakti telah ada di Cakra Swadisthana. di sini ada 6 ( enam ) pintu gaib yang bisa diterobos oleh Kundalini. kendalikan Kundalini Sakti di Cakra Swadisthana dengan menutup enam pintu gaib dengan cara ; hirup napas, tahan, lalu keluarkan melalui mulut sambil mengucapkan .....Om......ulangi sebanyak 6 ( enam ) kali. lalu diam sesaat , biarkan Kundalini bekerja mengaktifkan Cakra ini.

Selanjutnya pusatkan pikiran pada Cakra Manipura di pangkal pusar , maka Kundalini Sakti akan bergerak naik keatas menuju ke Cakra Manipura mengikuti arah pemusatan pikiran. lalu bayangkan dan rasakan Kundalini Sakti telah ada di CakraManipura . di sini ada 10 ( sepuluh ) pintu gaib yang bisa diterobos oleh Kundalini. Kendalikan Kundalini Sakti di Cakra Manipura dengan menutup sepuluh pintu gaib dengan cara ; hirup napas, tahan, lalu keluarkan melalui mulut sambil mengucapkan .....Om......ulangi sebanyak 10 ( sepuluh ) kali. lalu diam sesaat , biarkan Kundalini bekerja mengaktifkan Cakra ini.

Selanjutnya pusatkan pikiran pada Cakra Anahata di pangkal pusar , maka Kundalini Sakti akan bergerak naik keatas menuju ke Cakra Anahata mengikuti arah pemusatan pikiran. lalu bayangkan dan rasakan Kundalini Sakti telah ada di Cakra Anahata . di sini ada 12 ( dua belas ) pintu gaib yang bisa diterobos oleh Kundalini. Kendalikan Kundalini Sakti di Cakra Anahata dengan menutup sepuluh pintu gaib dengan cara ; hirup napas, tahan, lalu keluarkan melalui mulut sambil mengucapkan .....Om......ulangi sebanyak 12 ( dua belas ) kali. lalu diam sesaat , biarkan Kundalini bekerja mengaktifkan Cakra ini.

Selanjutnya pusatkan pikiran pada Cakra Wisudha di pangkal pusar , maka Kundalini Sakti akan bergerak naik keatas menuju ke Cakra Wisudha mengikuti arah pemusatan pikiran. lalu bayangkan dan rasakan Kundalini Sakti telah ada di Cakra Wisudha . di sini ada 16 ( enam belas ) pintu gaib yang bisa diterobos oleh Kundalini. Kendalikan Kundalini Sakti di Cakra Wisudha dengan menutup sepuluh pintu gaib dengan cara ; hirup napas, tahan, lalu keluarkan melalui mulut sambil mengucapkan .....Om......ulangi sebanyak 16 ( enam belas ) kali. lalu diam sesaat , biarkan Kundalini bekerja mengaktifkan Cakra ini.

Selanjutnya pusatkan pikiran pada Cakra Ajna di pangkal pusar , maka Kundalini Sakti akan bergerak naik keatas menuju ke Cakra Ajna mengikuti arah pemusatan pikiran. lalu bayangkan dan rasakan Kundalini Sakti telah ada di Cakra Ajna . di sini ada 2 ( dua ) pintu gaib yang bisa diterobos oleh Kundalini. Kendalikan Kundalini Sakti di Cakra Ajna dengan menutup sepuluh pintu gaib dengan cara ; hirup napas, tahan, lalu keluarkan melalui mulut sambil mengucapkan .....Om......ulangi sebanyak 2 ( dua ) kali. lalu diam sesaat , biarkan Kundalini bekerja mengaktifkan Cakra ini.

Selanjutnya pusatkan pikiran pada Cakra Sahasra di pangkal pusar , maka Kundalini Sakti akan bergerak naik keatas menuju ke Cakra Sahasra mengikuti arah pemusatan pikiran. lalu bayangkan dan rasakan Kundalini Sakti telah ada di Cakra Sahasra . selanjutnya kita memperbesar Kundalini , yang pada awalnya pembangkitanya sebesar rambut makin lama makin besar dan semakin tinggi dengan besar dan ketinggian tanpa batas. Cara memperbesar Kundalini adalah dengan menghirup napas, tahan, lalu lalu keluarkan melalui mulut sambil mengucapkan .....Om......ulangi sebanyak 17 ( tujuh belas kali ) sampai 1000 ( seribu ) kali dua ) kali.

dan seterusnya lalu Kundalini Sakti kembali turun kembali ke Cakra Muladara melalui Cakra Ajna...Cakra Wisudha...Cakra Anahata ...Cakra Manipura...Cakra Swadisthana ................( tidak dijelaskan disini, informasi selanjutnya silahkan hubungi Mandala terdekat atau langsung ke Pesraman Seruling Dewata ).

Tanda Kebangkitan Kundalini

ada banyak gejala sebagai tanda kebangkitan Kundalini. gejala ini pada setiap orang belum tentu sama. berikut beberapa tanda kebangkitan Kundalini yaitu : 1) Merasakan sensasi hangat, 2 ) memiliki kemampuan supranatural , 3) merasakan menyatu dengan alam dan merasakan kebahagiaan yang besar, 4) mendapatkan pengetahuan tanpa melalui proses berguru, 5 ) merasakan kesehatan tubuhnya semakin membaik dan selalu energik penuh energi. ( di sadur dari buku Pra Kundalini , Ki Natra, Halaman 123-136 )

Catatan khusus :

Mudra Nawa Sanga secara lengkap adalah tahapan awal atau dasar atau pondasi latihan Cakra dan pembangkitan Kundalini. Meditasi pembukaan Cakra tanpa di awali latihan Mudra Nawa Sanga dapat berakibat buruk. Cakra yang telah terbuka disetiap putarannya memancarkan tenaga atau energi. kemudian energi atau tenaga ini mengalir keseluruh tubuh manusia malalui Nadhis, dan Garanthi. kalau seseorang belum berlatih Mudra tentu Nadhis atau Garanthis tidak bersih atau masih kotor dan tertutup. energi Cakra yang sudah terbuka akan membobol Nadhis dan Garanthis secara paksa. kekotoran Nahis atau Garanthis ikut dipancarkan keseluruh tubuh dan mengendap di bagian tertentu. kekotoran Nadhis dan Garanthis yang mengendap di organ tubuh tertentu dapat mengganngu fungsi organ tubuh bersangkutan. fungsin organ yang terganggu akan menimbulkan berbagai gangguan penyakit. banyak penulis lihat praktisi Cakra dan Kundalini yang mengumpulkan sejumlah orang baru kemudian dibukakan Cakranya semua langsung begitu saja. setiap orang selama 5-15 menit. tentunya Guru atau Master tidak tahu dan tidak memperhatikan apakah Nahis atau Garanthis orang baru dilihatnya itu sudah terbuka , bersih atau belum ?, hal ini tentunya bisa berakibat buruk bagi orang yang dibuka Cakranya dan ini sudah tentu merupaan suatu kesalahan besar, karena kelalaian dan kurang lengkapnya pengetahuan tentang Cakra dan Kundalini . Sebaiknya menurut Ki Nantra , sesepuh generasi IX Perguruan Seruling Dewata sebelum membuka Cakra sebelumnya harus melakukan latihan Mudra sedikitnya 1-2 minggu.

{ Berlatih Cakra dan Kundalini haruslah di bawah bimbingan seorang Guru untuk menghindari kesalahan dalam berlatih }

 

     
" Warta perguruan memuat sepenggal kisah Mahapatih Gajahmada dan Ki Soma Kepakisan , serta beberapa kegiatan Perguruan "
 
Home|Sejarah|Sesepuh|Profile|Tapak Suci|Cakra dan Kundalini|Kanda Pat|Yoga Watukaru|72 jurus inti|Ilmu Silat Tali Rasa|Walian Sakti|Contact Us|
the official website of Paiketan Paguron Suling Dewata Bali Copyright 2011 seruling dewata bali, All Rights Reserved