Seruling Dewata

Home

Sejarah

Sesepuh

Profile

Tapak Suci

Cakra dan Kundalini

Kanda Pat

Yoga Watukaru

72 Jurus Inti

Buku - buku Perguruan

 
"Tiada benda tiada kesalahan, tiada keakuan mencapai kebahagian dan kelepasan "

Wanaprastha - Samyasin

Pendahuluan

Tapak-Suci-Yoga-Cara-Bhumi-Castra didalamnya terdapat suatu Ilmu langka yang amat rahasia yang dinamakan " Sembilan Jalan Suci Menuju Tuhan " merupakan Penyempurnaan atas jalan karma inti ajaran semua agama di dunia.

Intisari Tapak Suci Yoga Cara Bhumi Castra (Sembilan Jalan Suci Menuju Tuhan) adalah

Ketika hidup didunia berbuat baiklah semampunya
namun itu saja tidak cukup untuk mencapai moksa sempurnakanlah dengan " tapa- brata-Yoga-Samadhi"
Keistimewaan
Sembilan Suci menuju Tuhan (Nawa Sanga Mandala) ini , adalah
mencapai Moksha dalam sekali kehidupan, tidak memerlukan kelahiran berulang seperti jalan karma/perbuatan (Yama Mandala)

Ada 18 (delapan Belas) Sadhanam atau Tingkatan dalam Tapak - Suci -Yoga -Cara -Bhumi Castra yaitu :

1. Tapa Nawa Sanga (8 Tingkat)
2. Wanaprastha (5 Tingkat)
3. Samyasin (5 Tingkat).

1. Tapa Nawa Sanga

Dalam Tapa Nawa Sanga Tapa brata yang diperkenalkan adalah " Nawa Sanga Astawa (9 mantram suci) - Mudra Nawa Sanga (9 Samadhi para Dewa) - Yoga Nawa Sanga ( 9 Yoga tarian Dewata) - Sapta Cakra ( Membangun pura didalam diri dan memuja dewa di dewek) - Pembangkitan Kundalini ( Membangunkan Energi (api suci) Spiritual) - Tirta Yatra ( 9 kali melukat dan didiksa Dewata Nawa Sangga di 9 pemucuk pura di Bali) - Dana Punia ( Mulatapa dana punia untuk membangun Pasraman dan Tutup Tapa dana punia untuk pura/pemangku)

2. Wanaprastha

Dalam Wanaprastha diperkenalkan beberapa bentuk Tapa brata yang baru serta diajarkan berbagai ilmu langka tingkat tinggi yang maha rahasia.Beberapa Tapa Brata dalam Wanaprastha antara lain :
a. Brahman Yajna adalah tapa brata dengan membaca Weda sesuai aslinya yang disebutkan dalam Weda dengan 58 macam wirama(candah) membaca Catur Weda, dan membaca Weda tradisi Bali yang disebut Nyruti dengan 1 wirama membaca semua catur Weda merupakan Yadnya tertinggi diatas japa yadnya dan Panca Yadnya dengan puji-pujian sebagai persembahan ada 600 sloka menjelaskan tentang hal ini.
b. Sahasra Wacasa Brahman ( Seribu Pujian Keagungan Tuhan) adalah Tapa Brata tingkat tinggi yang sangat rahasia.Bertapa brata dengan membaca seribu mantram yang berisi 1000 sifat-sifat Tuhan sering disebut Meditasi Seribu Ajian Contoh : " Om……Adahyam Ya Namah " (Hyang Widhi hamba memujamu dalam wujud tak terbakar oleh api) jika diucapkan berulang-ulang terus menerus/ditapabratakan lama-lama akan mampu mandisuci dengan api tak terbakar oleh api seperti Hyang Widhi).
c. Sri Gita Mahatmya dalah tapa brata dengan Membaca Bhagawad Gita.Barang siapa membaca Bhagawad Gita 1 bab sehari pahalanya sama dengan mandi suci di Sungai Gangga.Barang siapa membaca 3 bab Bhagawad Gita sehari pahalanya sama dengan sedekah 1 ekor sapi.Jika ada orang sekarat dihadapannya dibacakan bab I Bhagawad Gita maka ketika orang sekarat itu meninggal dunia atmanya akan mencapai Wisnuloka. dsb.
d. Meditasi Japa Marga : merupakan tapa brata dengan berjapa Gayatri sambil berjalan.Jika Japa Gayatri dilakukan sambil duduk bersila vibrasi kesuciannya memancar disekitar tempat itu.Tetapi jika Japa Gayatri dilakukan sambil berjalan vibrasi kesuciannya mencapai areal puluhan,ratusan bahkan ribuan kali lipat. Didalam terdapat beraneka terapi kesehatan antara lain : Terapi doa, Terapi prana,Terapi Surya, Terapi Sigar Sumangka, Terapi Musik Alam, terapi air dll
e. Puja Guru dan Sesepuh merupakan tapa brata dengan memuja Dewata Nawa Sangga sebagai guru dan Sesepuh dengan Yoga dan mantram khusus. Merupakan Yoga Samadhi khusus tingkat tinggi gemblengan yang bermanfaat mendapat berkah guru , atma jnana, penyempurnaan energi cakra dan Kundalini serta peningkatan kesucian dan kesiddhian.
f. Meditasi Sengker Bhuana ; merupakan olah bathin menciptakan kekuatan gaib yang mampu melindungi diri , keluarga serta apa yang kita miliki seperti rumah, mobil, toko, kandang dll agar terbebas dari gangguan pencurian, pengrusakan apabila ada pencuri rumah akan tampak seperti Lautan tak bertepi, kawah api angabar-abar, duri angancab-ancab di tanag, ular naga paseliged di tanah dsb.
g. Meditasi Tunggal Hati : merupakan tehnik khusus dan rahasia tingkat tinggi khusus bagi Sesepuh dan pelatih tingkat tinggi tentang olah bathin agar memiliki kemampuan gaib mampu membuka Cakra orang lain secara perorangan serta memiliki kemampuan melihat cakra orang lain apakah sudah terbuka/belum,besar/kecil, sinarnya terang/ redup bahkan mampu melihat warna cakra.
h. Meditasi Pengenteg Bhumi : merupakan tehnik khusus dan rahasia tingkat tinggi khusus bagi Sesepuh dan pelatih tingkat tinggi tentang olah bathin agar memiliki kemampuan gaib mampu membuka Cakra orang lain secara masal dengan meditasi ini seseorang mampu membuka cakra orang sekaligus 50 orang bersamaan.serta memiliki kemampuan melihat cakra orang lain apakah sudah terbuka/belum,besar/kecil, sinarnya terang/ redup bahkan mampu melihat warna cakra.
i. Meditasi Tunggal Cakra Rahasiam : adalah meditasi khusus tingkat tinggi yang sangat rahasia. Melalui meditasi ini kita diajarkan olah bathin bagaimana cara menggabungkan energi dua cakra, tiga cakra, empat cakra,lima cakra, enam cakra maupun tujuh cakra menjadi satu kekuatan baru yang sangat dasyat .
j. Meditasi Cakra Bhuana : adalah Meditasi khusus tingkat tinggi yang sangat rahasia dengan meditasi ini seseorang mampu menyelaraskan Cakra Manusia dengan Cakra Bhuana/ alam semesta sehingga kekuatan energi cakra menjadi puluhan, ratusan, bahkan ribuan kali lipat jauh melebihi kekuatan cakra manusia yang selama ini kenal bagaikan listrik rumah dengan petir.
k. Meditasi Raga Kundala : adalah Meditasi Khusus tingkat tinggi yang sangat rahasia dengan meditasi ini seseorang memiliki kemampuan membangkitkan Kundalini orang lain serta mempunyai kemampuan secara niskala seberapa besar Kundalini seseorang.
l. Yoga Surya Namaskara : merupakan yoga khusus tingkat tinggi yang sangat dirahasiakan untuk memperkuat kesucia, kesidhian .Yoga ini mempunyai pengaruh yang sangat istimewa dalam peningkatan kesempurnaan, kesucian,kesehatan,barang siapa mampu melakukan dengan teratur akan sehat dan panjang umur.
m. Yoga Candra Namaskara : merupakan Yoga khusus tingkat tinggi yang sangat rahasia. Yoga ini menyempurnakan kesucian dan kesiddhian . Yoga ini mencapai kecermelangan apabila dilakukan pada saat bulan purnama dan tilem yang dinamakan Meditasi candra Kinanti untuk mendapatkan 7 berkah Dewi Bulan .
n. Meditasi Senjata Nawa Sanga : adalah meditasi khusus tingkat tinggi yang sangat rahasia serta sangat berbahaya.Dengan meditasi ini seseorang mendapat berkah boleh menggunakan sejata Nawa sanga/senjata para Dewa lainnya untuk melindungi umat dan dharma.Dilengkapi cara memohon, cara nguripan, cara memasupati serta cara melepasklan Senjata Nawa Sanga.Senjata Nawa Sangga adalah senjata para Dewa sangat dayat dan berbahaya tidak pernah gagal,tidak akan lenyap sebelum menyelesaikan tugas yang diberikan kepadanya.
o. Meditasi Saraswati Pralina : adalah meditasi khusus tingkat tinggi yang sangat rahasia. melalui meditasi ini seseorang memiliki kemampuan mencabut dan memunahkan dan menghisap habis segala ilmu yang dimiliki orang lain baik Tenaga Dalam maupun Tenaga Bathin.Jika tidak dikerahkan menyebabkan semua orang berilmu yang ada disekitar tidak mampu mengeluarkan ilmunya.
p. Meditasi Kesehatan adalah upastambha kemampuan untuk mengobati dan menyembuhkan diri sendiri menjaga kesehatan dan panjang umur melalui 36 meditasi kesehatan yang dinamakan Jiwa Premana seperti ; Meditasi Pahan Raga-Anupadatu, Pasang Angkep Pewaras, Telengin Lara, Panca Dasa Pitara dsb.
q. Agni Horta peserta Wanaprastha diajarkan bagaimana cara memimpin/melakukan upacara Agnihotra yaitu Yajna hindu yang dianggap paling tua dan merupakan tradisi weda.dengan sarana Api dan persembahan Adwaram (tanpa pembunuhan). Sandya Agni Horta (untuk sembahyang harian pagi dan sore), Santi Agni Horta ( untuk kedamaian dunia), Prayascitaning Bhumi Agni Horta (untuk menyucikan jagat raya), Somya Bhuta Agni Horta (untuk bhuta kala seperti mecaru), Griya Daksa Agni Horta (untuk pemelaspasan rumah), Mandiraseta Agni Horta ( untuk pemelaspasan Kahyangan, sanggah / merajan), Putra Kamnesti Agni Horta (untuk memohon keturunan) Yajna Agni Horta (untuk berbagai kegiatan yadnya seperti kelahiran,tiga bulanan, mesangih, ngotonin, perkawinan,ngaben dsb).

Sanyasin

Dalam tingkatan Sanyasin diperkenalkan beberapa bentuk Tapa brata yang baru serta diajarkan berbagai ilmu langka tingkat tinggi yang maha rahasia. Dalam Sanyasin kita tidak diperkenankan masih memiliki/mengelola kekayaan semuanya berikan pada anak, istri, keluarga atau disumbangkan. Hidup dengan meminta-minta. Dengan melepaskan segala harta berana kita pada hakekatnya memiliki segalanya. Beberapa Tapa Brata dalam Sanyasin antara lain :

a. Meditasi Puja Dewa adalah meditasi khusus tingkat tinggi yang sangat rahasia melalui medeitasi ini peserta diajak memuja 3339 dewa dengan memuja, para Dewa memberikan berkah kesucian sehingga kita semakin lama semakin suci.
b. Berata Ekadasi Upawasa.Jika musim hujan, Sang Sanyasin lagi sakit atau sedang malas meminta makanan ia mampu melakukan puasa. berata ini mengajarkan bagaimana tahapan-tahapan melakukan berata upawasa pada hari ke sebelas 4(4 hari sebelum purnama dan 4 hari sebelum tilem), serta memberitahukan Dewa siapa yang harus dipuja selama upawasa.brata ekadasi upawasa ini mengajarkan 24 macam upawasa dengan berbagai anugrah dari brata upawasanya.
c. Brata Siwaratri Upawasa mengajarkan 12 bentuk upawasa yang dilakukan pada saat Tilem Dewa yang harus dipuja serta anugrah yang diperoleh bagi yangmelakukan brata upawasa ini.
d. B rata Purnima Upawasa mengajarkan 12 bentuk upawasa yang dilakukan setiap bulan purnama dengan berbagai anugrah yang diperoleh bagi mereka yang melakukannya.
e. Brata Surya Upawasa mengajarkan latihan upawasa setiap hari senin dan kemis selama matahari terbit. malam hari boleh makan. Barang siapa melakukan brata Surya Upawasa terbebas dari segala macam penyakit dan tercapai apa yang diharapkannya.
f. Siwa Meneng Puja adalah metode pemujaan tanpa sarana dan tanpa mantram. Sarana apa lagi yang perlu dipersembahkan pada Hyang Widhi dunia dan segala isinya bahkan kita sendiri adalah mulik Beliau. mantram apa lagi yang perlu dibacakan dihadapan Hyang Widhi segala yang ada dalam hati sebelum diucapkanpun Beliau sudah mengetahuinya.
g. Meditasi Manawa Madewa (meditasi Manusa Dewa). Ada beberapa tingkat sifat kesucian manusia antara lain : 1.) Manawa Denawa (manusia bersifat raksasa), 2) Manawa Pawusu (manusia bersifat binatang), 3) Manawa Manawa (manusia yang manusiawi/bijaksana) 4) Manawa Madewa (manusia yang kesuciannya setara dewa).Melalu meditasi Manawa Madewa kita diajarkan bagaimana mendapatkan sifat-sifat seperti Dewa.serta bagaimana memperoleh kesucian setara Dewa Seperti Mpu Gnijaya di Lempuyang -Mpu Kuturan di Silayukti.
h. Aji Bajra Siwa Karana mengajarkan bagaimana menciptakan Tenaga Gaib yang maha dasyat untuk memperkuat getaran swara bajra. Bagimana memecah atma dan melindungi Sang Hyang atma agar tidak hancur oleh getaran suawa bajra, serta mengajarkan 36 macam irama/swara genta/bajra seperti : Gebug tunggal : Lembu Anginum Banyu - Welatuk Nunggal , Gebug dua Lembu Amangan Dukut , gebug telu Bramara Angisep Sari , gebug lima Sekar Kemuning , gebug pitu Genta Pinarah Pitu dsb.
i. Tenaga Mukjijat Karunia Hyang Widhi adalah meditasi khusus tingkat tinggi yang sangat rahasia melalui meditasi ini seseorang mampu melindungi diri dan keluarganya dari berbagai gangguan yang tertinggi dan terkuat di jagat raya ini. Pada saat ngrangsukan ajian ini kekuatan orang yang ngrangsukan ajian dengan kekuatan Tuhan menyatu tak dapat lagi dibedakan dan dipisahkan. Selama berabad-abad ilmu ini dianggap ilmu tertinggi dalam Perguruan Seruling Dewata.
j. Medtasi Patengering Pati adalah meditasi khusus tingkat tinggi yang sangat rahasia melalui meditasi ini seseorang mampu merasakan perubahan-perubahan sel dan jaringan jaringan di seluruh tubuhnya bahkan mampu mengetahui dan menentukan secara tepat kapan hari kematiannya.
k. Meditasi Duduk Menunggu Kematian adalah meditasi khusus tingkat tinggi melalui meditasi ini seseorang telah berlatih ilmu kematian dengan baik (Dharmaning Kepatian) ia telah menyiapkan diri untuk mati, sehingga dengan penuh kesabaran dan dengan senyuman duduk menunggu kematian.Setelah mengetahuai beberapa saat lagi hari kematiannya kundalini dinaik turunkan 1000 kali berturut-turut, maka suhu/panas tubuh meningkat 1000 kali lipat sehingga tubuhnya meledak menjadi debu dan secara bersamaan lewat ledakan itu Sang Hyang atma mendapat kekuatan melesat cepat menyatu dengan Brahman inilah moksa yang sempurna.
l. Meditasi Menutup Jalan Kematian adalah meditasi khusus tingkat tinggi yang sangat rahasia.Melalui meditasi ini setelah seseorang mengetahui hari kematiannya ia bisa melakukan meditasi duduk menunggu kematian dan mencapai moksa. tetapi apabila ia ingin hidup didunia lebih lama lagi untuk menyelesaikan tugas tertentu bagi dunia /Perguruan ia dapat melakukan Meditasi Menutup Jalan Kematian Menuju Kehidupan Abadi. ( merupakan meditasi yang sangat rahasia dan tingkat tinggi dan penulis tidak akan menulis mengenai tata cara Meditasi ini , karena terikat sumpah perguruan )

| gambar kegiatan wanaprastha |

{ informasi mengenai Wanaprastha dan Samyasin selanjutnya silahkan hubungi Pesraman Paiketan Seruling Dewata }

     
" Warta perguruan memuat sepenggal kisah Mahapatih Gajahmada dan Ki Soma Kepakisan , serta beberapa kegiatan Perguruan "
 
Home|Sejarah|Sesepuh|Profile|Tapak Suci|Cakra dan Kundalini|Kanda Pat|Yoga Watukaru|72 jurus inti|Ilmu Silat Tali Rasa|Walian Sakti|Contact Us|
the official website of Paiketan Paguron Suling Dewata Bali Copyright 2011 seruling dewata bali, All Rights Reserved